SEJARAH

Permateta UGM, singkatan dari Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Gadjah Mada, berdiri pada Rabu, 31 Mei 1995, dimana pada zaman dahulu perhimpunan mahasiswa ini menitikberatkan pada program kerja keprofesian teknik pertanian melalui pengabdian masyarakat ataupun kemampuan mahasiswa itu sendiri. Salah satu wujud nyatanya adalah Desa Srimartani sebagai desa binaan Permateta. Permateta merupakan organisasi keprofesian di bidang teknik pertanian yang melakukan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem pada umumnya dan Permateta pada khususnya, menuju ke arah yang lebih baik.

PROFIL

Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (Permateta) merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Gadjah Mada untuk berorganisasi dan bersama-sama melakukan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem pada umumnya dan Permateta pada khususnya, menuju ke arah yang lebih baik. Permateta merupakan suatu lembaga keprofesian, dimana semua anggotanya adalah mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Gadjah Mada. Semua anggota Permateta mempunyai hak yang sama dalam membangun PERMATETA menjadi lebih maju. Selain mempunyai hak, semua anggota juga mempunyai kewajiban, yaitu harus konsisten dengan program-program yang telah disusun oleh departemen yang diikuti.

Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem yang terhimpun dalam Permateta memiliki semangat dan cara yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu dalam kepengurusannya Permateta terbagi menjadi beberapa departemen yang akan direalisasikan selama periode kepengurusannya. Departemen-departemen tersebut yaitu Departemen Akademis yang mengemban tugas meningkatkan kemampuan mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem di bidang akademis; Departemen Minat Bakat mengemban tugas menggali potensi yang ada dalam diri setiap mahasiswa dengan kegiatan-kegiatan seni dan olahraga; Departemen Hubungan Masyarakat akan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan lingkungan di luar kampus; Departemen Komunikasi dan Informasi bertugas menyampaikan perkembangan Permateta dan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem melalui media web dan buletin serta meningkatkan kemampuan jurnalistik setiap mahasiswa; Departemen Pengabdian Masyarakat bertugas melakukan kegiatan yang akan membuat PERMATETA dikenang oleh masyarakat; Departemen Kaderisasi mengemban tugas memacu semangat dan rasa cinta setiap anggota terhadap Permateta itu sendiri; serta Departemen Rumah Tangga dan Kewirausahaan yang bertugas sebagai penyedia, pengelola dan pemelihara sarana prasarana yang berpengaruh langsung terhadap kinerja Permateta, selain itu juga sebagai wadah bagi mahasiswa yang berminat mengenal, belajar dan menekuni mengenai dunia usaha melalui program kerja yang mengacu pada bidang kewirausahaan.

VISI & MISI

VISI
Permateta sebagai himpunan mahasiswa keprofesian di bidang teknik pertanian berperan membangun dunia pertanian Indonesia.

MISI
Dalam pencapaian visi akan dilaksanakan misi-misi yang diwujudkan oleh masing-masing departemen sebagai sayap dari Permateta, diantaranya:

Departemen Akademis
Mendukung kegiatan akademis mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem, serta menyelenggarakan event keprofesian terbaru sesuai perkembangan dunia pertanian.

Departemen Hubungan Masyarakat
Menjalin kerjasama antar mahasiswa dan lembaga lain baik di dalam atau luar lingkungan Universitas Gadjah Mada dan menjalin kerjasama dengan instansi terkait untuk memajukan Permateta dan dunia pertanian.

Departemen Kaderisasi
Membentuk jaringan kaderisasi intern yang kuat dan dinamis serta pembinaan potensi diri anggota Permateta.

Departemen Komunikasi dan Informasi

Melaksanakan kegiatan jurnalistik yang berkaitan dengan dunia pertanian.

Departemen Minat Bakat
Menjadi wadah pemberdayaan potensi non akademis (olahraga dan seni) anggota Permateta dan masyarakat.

Departemen Pengabdian Masyarakat
Penerapan ilmu teknik pertanian pada masyarakat dengan berbagai penyuluhan dan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai pengabdian pada rakyat.

Departemen Rumah Tangga dan Kewirausahaan
Menjalin kerjasama dengan pihak departemen (jurusan) dan fakultas dalam hal kegiatan kemahasiswaan, menjalin kerjasama dengan alumni Teknik Pertanian (dan Biosistem) untuk memajukan kegiatan Permateta, menjalin kerjasama dengan lembaga non pemerintah sebagai sponsorship dalam berbagai kegiatan Permateta, serta mmelaksanakan fungsi kerumahtanggaan dan kewirausahaan sebagai pelatihan anggota Permateta dalam menghadapi dunia kerja.

FILOSOFI LOGO

IDENTITAS PERMATETA

Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian UGM adalah organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan sekaligus bagian dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada.