Air merupakan sumber energi utama bagi kehidupan mahluk hidup di bumi setelah udara dan sinar matahari. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga sumber daya air yang ada. Kaitannya dengan energi selain sebagai komponen terbesar dalam pembentukan tubuh air juga digunakan sebagai sumber energi yang mampu menghasilkan energi baru seperti listrik melalui PLTA (Pembangkit Listrik tenaga Air), untuk irigasi pertanian, dan aspek kehidupan lainnya. Berbagai permasalahan air yang muncul seperti terjadinya banjir apabila musim hujan dan terjadinya kekeringan ketika musim kemarau, kurangnya ketersediaan air bersih bagi sebagian masyarakat indonesia, masih kurangnya sanitasi yang memadai serta banyaknya limbah cair maupun padat yang mencemari wilayah perairan di Indonesia seperti sungai, laut, waduk, danau dll. Bukan hanya di Indonesia berbagai permasalahan tersebut juga dialami oleh seluruh dunia.

Menurut United Nation Development Program (UNDP) lebih dari satu milyar penduduk ,atau sekitar satu dari enam orang di seluruh dunia tidak mendapatkan air bersih yang aman untuk diminum dan lebih dari 2 milyar tak mempunyai akses sanitasi yang cukup. jika tren penggunaan air seperti ini berlanjut di tahun 2025, 2/3 populasi dunia tak akan mendapatkan cukup air bersih. Dampaknya adalah berkurangnya kualitas hidup dari setiap komponen hidup manusia khususnya. Ketika kualitas hidup masyarakatnya tidak baik maka akan berpengaruh pula pada perkembangan suatu negara dalam berbagai aspek.

Kepedulian akan banyaknya permasalahan yang menyangkut air tersebut menggugah Mahasiswa Teknik Pertanian beserta semua  sivitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada baik dari pihak Dekanat, Dosen dan karyawan saling bekerja sama untuk mengadakan peringatan hari air pada tanggal 21-22 maret 2014 ini, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran serta mengkampanyekan pentingnya sikap peduli atas keberadaan air kepada semua civitas akademika UGM pada umumnya dan Masyarakat sekitar khususnya. Peringatan hari air ini juga berkenaan dengan agenda tahunan PBB setiap tanggal 22 maret yang ditandai sebagai hari air sedunia. Pada tahun 2014 sendiri PBB mengangkat tema besar yaitu water and energy.

Serangkaian acara dalam rangka memperingati hari tersebut diawali pada tanggal 21 maret 2014 dengan diadakannya diskusi singkat untuk menentukan arah gerak aksi yang akan dilakukan oleh para civitas akademika fakultas teknologi pertanian pada tanggal 22 maret 2014. Acara tersebut akan diisi oleh menteri aksi dan propaganda BEM KM Universitas Gadjah Mada dan bertempat di selasar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada. Kemudian pada tanggal 22 maret 2014 akan diadakan aksi peduli air yang dilakukan oleh  para mahasiswa Teknologi Pertanian, dilanjutkan dengan acara talkshow bersama para pembicara pembicara yang berkompeten dibidangnya dan akan membahas berbagai permasalahan menyangkut air yang dihadapi bangsa indonesia serta solusi pemecahan masalahnya baik dari sisi pertanian, eksploitasi air untuk komersial, serta pentingnya sanitasi air. Puncaknya akan diadakan malam seni, yang tujuannya juga memupuk rasa peduli terhadap air sebagai sumber energi dengan sarana kesenian agar lebih universal dan dapat diterima oleh seluruh kalangan mahasiswa, seperti diadakannya lomba fotografi, pertunjukan akustik dari civitas akademika teknologi pertanian, paduan suara oleh paguyuban seni TP, penampilan stand up comedy dll

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan mampu menjadi acuan dalam menemukan solusi paling tepat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan air yang muncul ditengah masyarakat indonesia dan memahami pentingnya air sebagai sumber energi utama bagi keberlangsungan kehidupan di muka bumi. Dan semoga tujuan dari rangkaian acara Hari air 2014 yang diadakan oleh jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian UGM tercapai yaitu mampu mengajak masyarakatdari semua golongan  turut serta peduli terhadap keberadaaan air sehingga dapat dengan bijak memanfaatkannya untuk kepentingan bersama mengingat air adalah sumber energi yang luar biasa selain matahari, sehingga tidak berlebiha jika keberadaan serta kebersihannya patut untuk di perhatikan agar tercipta Indonesia sehat, Indonesia produktif. Save Water Save energy!

 ‘’the air ,the water and the ground are free gifts to man and no one has the power to portion them out in parcels. man must drink and breath and walk and therefore each man has a right to his shared of each’’ James Fennimore Cooper

Download PRESS RELEASE : Peringatan Hari Air Se-Dunia 2014 PERMATETA format PDF disini

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *