VISI
Permateta sebagai himpunan mahasiswa keprofesian di bidang teknik pertanian berperan membangun dunia pertanian Indonesia.

MISI
Dalam pencapaian visi akan dilaksanakan misi-misi yang diwujudkan oleh masing-masing departemen sebagai sayap dari Permateta, diantaranya:

Departemen Akademis
Mendukung kegiatan akademis mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem, serta menyelenggarakan event keprofesian terbaru sesuai perkembangan dunia pertanian.

Departemen Hubungan Masyarakat
Menjalin kerjasama antar mahasiswa dan lembaga lain baik di dalam atau luar lingkungan Universitas Gadjah Mada dan menjalin kerjasama dengan instansi terkait untuk memajukan Permateta dan dunia pertanian.

Departemen Kaderisasi
Membentuk jaringan kaderisasi intern yang kuat dan dinamis serta pembinaan potensi diri anggota Permateta.

Departemen Komunikasi dan Informasi

Melaksanakan kegiatan jurnalistik yang berkaitan dengan dunia pertanian.

Departemen Minat Bakat
Menjadi wadah pemberdayaan potensi non akademis (olahraga dan seni) anggota Permateta dan masyarakat.

Departemen Pengabdian Masyarakat
Penerapan ilmu teknik pertanian pada masyarakat dengan berbagai penyuluhan dan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai pengabdian pada rakyat.

Departemen Rumah Tangga dan Kewirausahaan
Menjalin kerjasama dengan pihak departemen (jurusan) dan fakultas dalam hal kegiatan kemahasiswaan, menjalin kerjasama dengan alumni Teknik Pertanian (dan Biosistem) untuk memajukan kegiatan Permateta, menjalin kerjasama dengan lembaga non pemerintah sebagai sponsorship dalam berbagai kegiatan Permateta, serta mmelaksanakan fungsi kerumahtanggaan dan kewirausahaan sebagai pelatihan anggota Permateta dalam menghadapi dunia kerja.