PERMATETA (Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian) UGM sebagai salah satu organisasi yang berada di bawah naungan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM kembali melaksanakan Field trip 2018 dalam rangka kunjungan ke beberapa dalam bidang teknologi pertanian serta kunjungan ke Universitas Brawijaya Malang. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai upaya pengenalan dan pemberian wawasan kepada mahasiswa tentang penerapan ilmu keteknikan pertanian dan dunia kerjanya. Field trip 2018 dilakukan di beberapa perusahaan dengan kota tujuan yaitu Gresik dan Malang pada 28 Januari sampai 1 Februari 2018. Adapun beberapa industri yang menjadi tujuan antara lain PT Petrokimia Gresik, PT Kelola Mina Laut. Selain kunjungan Industri, Field trip 2018 juga meliputi kegiatan kunjungan industri serta sosialisasi tentang teknik pertanian ke salah Satu SD di Kota Batu.

Rangkaian kegiatan field trip 2018 diawali dengan pembukaan kegiatan oleh perwakilan dosen yang ikut mendampingi dalam rangkaian kegiatan yaitu Dr. Joko Nugroho Wahyu Karyadi, STP., M.Eng., dan Dr. Radi, , STP., M.Eng. di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada. Setelah pembukaan selesai, rombongan yang terdiri dari 60 mahasiswa beserta 2 dosen pendamping melanjutkan perjalanan menuju Gresik untuk melakukan kunjungan ke industri PT Petrokimia Gresik. Kunjungan pertama bertempat di PT Petrokimia Gresik yang merupakan perusahaan dalam bidang pengolahan pupuk dan bahan kimia. Rombongan tiba di PT Petrokimia pukul 09.00 dan disambut hangat di ruang Seroja oleh Bapak Nurhadi yang merupakan perwakilan dalam bidang Hubungan Komunitas dan Lembaga PT Petrokimia Gresik. Sesi pertama adalah penyampaian materi tentang PT Petrokimia Gresik yang meliputi sejarah perusahaan, produk-produk yang dihasilkan, manajemen limbah serta manajemen perusahaan secara keseluruhan. Dalam kunjungan ini, rombongan juga diajak berkeliling perusahaan dengan bus yang telah disediakan oleh perusahaan untuk  melihat beberapa unit pengolahan pupuk di PT Petrokimia Gresik seperti unit pengolahan urea, NPK, serta melihat berbagai alat dan konstruksi pengolahan pupuk.

Kunjungan berikutnya di hari pertama adalah PT Kelola Mina Laut Gresik yang berkonsentrasi dalam bidang pengolahan hasil laut, daging, dan pembekuan sayuran. Dalam sesi materi, rombongan dijelaskan mengenai beberapa produk yang dihasilkan oleh PT Kelola Mina Laut, serta teknik pembekuan untuk beberapa produk ikan, daging serta sayuran. Rombongan juga diberi kesempatan untuk mencicipi beberapa produk KML Food serta melihat Cold Storage atau ruang penyimpanan produk yang dihasilkan oleh KML Food. Setelah kunjungan selesai, rombongan melanjutkan perjalanan menuju malang untuk kegiatan berikutnya.

Hari kedua field trip 2018 diisi dengan kunjungan ke jurusan Keteknikan Pertanian Universitas Brawijaya serta BALITKABI (Balai Penelitian Aneka Kacang dan Umbi). Dalam kunjungan ke Jurusan Keteknikan Pertanian, rombongan diberi kesempatan untuk saling berbagi ilmu dengan mahasiswa Universitas Brawijaya baik dalam hal dunia perkuliahan maupun himpunan mahasiswanya. Rombongan juga diberi kesempatan untuk melihat berbagai peralatan di laboratorium yang ada di jurusan Keteknikan Pertanian Universitas Brawijaya. Rangkaian kegiatan field trip berikutnya menuju ke BALITKABI yang merupakan salah satu balai yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian. Dalam kunjungan, mahasiswa dijelaskan tentang berbagai macam hal tentang umbi dan kacang saat sesi materi, Berikutnya mahasiswa diajak menuju lahan untuk pembenihan aneka kacang dan umbi.

Hari ketiga field trip 2018 diisi dengan kegiatan sosialisasi dan Kunjungan ke SDN Sisir 03 Batu. Dalam kunjungan ini, rombongan mendapat sambutan yang sangat meriah dari siswa kelas 5 SDN Sisir 03 Batu dengan yel-yel dan poster. Dalam kunjungan ini, mahasiswa teknik pertanian memberikan sosialisasi tentang berbagai teknologi pertanian ke siswa kelas 5 SDN sisir 03 Batu. Setelah kegiatan sosialisasi di dalam kelas, para siswa diajak untuk belajar tentang media tanam kreatif “Hydrogel” sebagai pengganti tanah. Para siswa diberi pengetahuan tentang media tanam hidrogel serta aplikasinya bagi tanaman. Selain itu, para siswa juga diajak untuk menanam tanaman dengan media tanam hidrogel pada kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilakukan agar nantinya para siswa lebih senang dengan dunia pertanian karena sistem dan media tanam yang lebih kreatif. Dengan berakhirnya kunjungan ke SDN Sisir 03 Batu, maka seluruh rangkaian kegiatan field trip 2018 sudah berakhir. Diharapkan dengan berakhirnya kunjungan ini, mahasiswa lebih mengetahui dan mendalami perannya sebagai calon sarjana teknik pertanian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *