Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (PERMATETA) berkesempatan melakukan kunjungan media ke Jawa Pos Radar Jogja, Jl. Ringroad Utara No.88, Sleman pada Senin (25/02). Kunjungan media dilakukan dalam rangka menambah ilmu dan wawasan tentang media dan jurnalistik. Pada kunjungan selama tiga jam ini, para mahasiswa berkesempatan berinteraksi langsung dengan ketua dewan redaksi dan beberapa staf Jawa Pos Radar Jogja.

Peserta sedang melakukan tour keliling Radar Jogja

Kedatangan PERMATETA disambut hangat oleh Ketua Dewan Redaksi, Amin Surachmad, S.I.Kom.I. Selama kunjungan, Bapak Amin menjelaskan bagaimana awal berdirinya Jawa Pos Radar Jogja hingga proses-proses mengolah berita. Tak hanya itu, Bapak Amin juga menjelaskan bagaimana trik-trik media cetak tetap eksis di era digitalisasi seperti sekarang ini. Beberapa mahasiswa juga menunjukkan ketertarikannya dengan melontarkan pertanyaan terkait media dan jurnalistik.

Seusai diskusi terkait media dan jurnalistik, Bapak Amin mengajak para mahasiswa untuk melihat langsung proses tata letak koran dan editing video. Proses tata letak koran dilakukan sehari sebelum koran dicetak menggunakan software Adobe InDesign. Proses ini sangat penting dalam menarik perhatian pembaca. Selain aktif dalam media mainstream, Jawa Pos Radar Jogja juga ikut bersaing dalam media digital, salah satunya dengan update berita dalam bentuk video yang akan diunggah melalui akun Youtubenya. Proses editing video sangat menarik para mahasiswa yang terlibat dalam kunjungan media.

Serah terima kenang-kenangan dari PERMATETA untuk Radar Jogja

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *